Prodi Psikologi

Author: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora / Labels:

            Program studi psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdiri pada tahun 2004 seiring dengan dibukanya fakultas baru yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga memiliki visi yaitu menjadi Prodi Psikologi yang terdepan dalam melahirkan teori-teori Psikologi yang bersumber dari islam dan mengintegrasikannya dengan pandangan Psikologi modern, serta menggunakannya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia menjadi insan yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia dan memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan. Serta memilki misi yaitu:

1.      Membentuk perspektif Psikologi yang bersumber dari ajaran islam.
  1. Menghasilkan lulusan sarjana psikologi yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang psikologi yang bersumber dari ajaran islam, dan memiliki iman dan taqwa yang kuat serta akhlaq yang mulia.
  2. Mengembangkan penelitian dibidang psikologi yang bersumber dari ajaran islam.
  3. Menyediakan pelayanan masyarakat dibidang psikologi yang berwawasan islam.
Program studi psikologi memilki 6 konsentrasi antara lain, psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi industry dan organisasi, psikologi pendidikan dan psikologi eksperimen. Keberadaan prodi psikologi Fakultas llmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga dengan visi dan misinya secara umum dimaksudkan untuk mendalami, mengembangkan, dan mengabdikan bidang-bidang keilmuan yang menjadi core-studies yaitu llmu Psikologi. Secara umum prodi saat ini memiliki prioritas pada penelitian, pengembangan ciri khas keilmuan psikologi, dan aplikasi ilmu psikologi yang dipadukan dengan ilmu agama maupun disiplin ilmu lain yang relevan dan memiliki keterkaitan dengan ilmu psikologi.



0 comments:

Posting Komentar